Sunday, May 9, 2010

gitar

Gitar Listrik
Gitar Listrik

Gitar Listrik

Gitar Listrik

Gitar listrik adalah sejenis gitar yang memerlukan amplifier dan loud speaker (pengeras suara) agar bisa dimainkan. Suara gitar listrik dihasilkan dari getaran senar gitar yang mengenai kumparan yang ada di body gitar yang biasa disebut “pick up“.

Gitar Akustik

317200832309pm3981Gitar akustik adalah jenis gitar dimana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara di dalam ruang suara ini akan beresonansi terhadap kayu badan gitar. Jenis kayu akan mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik.

Bass Gitar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gitar bass listrik (biasa disebut Bass listrik atau bass saja) adalah alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar (gitar listrik memiliki enam senar).

Tambahan:
Bobot dari bass sendiri idealnya lebih berat daripada gitar listrik biasa, karena senarnya yang lebih tebal (untuk menjaga kerendahan nada/bunyi) sehingga menyebabkan harus memilih kayu yang lebih padat dan keras untuk menyeimbangi tekanan pada neck (leher gitar).

Selain itu ukuran fret (kolom pada gitar) yang lebih besar yang disesuaikan dengan ketebalan senar.

Ada banyak jenis bass yang dipakai sampai dengan saat ini. Yang paling banyak dipakai berupa contra bass dan cello bass (yang biasa digunakan untuk pertunjukan opera), bass listrik (biasa digunakan untuk semua jenis pertunjukan terutama band) serta bass fretless yang sama dengan bass listrik tapi tidak ada fret (kolom/pembatas pada papan tekan/neck) pada bass tersebut. Prinsip kerja bass fretless mirip dengan contra/cello bass hanya saja berbentuk gitar listrik.

  • Empat senar
Biasanya ditalakan ke “G-D-A-E”, “G-D-A-D”, “G-D-G-D”, “D-A-E-B”, “F-C-G-D” atau “F-C-G-C”
  • Lima senar
Biasanya ditalakan ke “G-D-A-E-B” tapi terkadang “C-G-D-A-E”.
  • Enam senar
Biasanya ditalakan ke “C-G-D-A-E-B” atau “B-G-D-A-E-B”, walaupun “E-B-G-D-A-E” juga suka dipakai.

Penalaan di atas diurutkan berdasarkan nomor senar (senar 1, senar 2, dan seterusnya), di mana senar 1 adalah senar terbawah dari gitar bass (senar yang paling tipis).

Pemain bass memilih menggunakan bass dengan lima senar atau pun enam senar dikarenakan lebih luasnya jangkauan nada yang bisa dimainkannya. Bass bersenar enam jarang dipakai daripada bass bersenar empat dan bass bersenar lima. Biasanya bass bersenar enam ini banyak dipakai oleh pemain bass beraliran jazz, walaupun tidak dimungkiri pemain beraliran rock-pun ada juga yang memakainya, dikarenakan lebih luasnya jangkauan nada yang bisa dimainkannya.

Lead Guitar

the_villanizer_by_spazedoutsebenarnya Lead gitar/gitar melodi sama saja dengan gitar listrik yang di mainkan dengan cara pengiring/rhytm. perbedaan dalam kedua jenis gitar ini adalah dalam permainannya. bila lead gitar / melodi di mainkan dengan menggunakan petikan (picking) dan biasanya di gunankan untuk menghiasi lagu, bila rhytm gitar di mainkan dengan cara pengiringan lagu.

teknik dalam lead gitar sangat beragam misalnya Apergio (sweep Picking), tapping, Vibrato, natural (harmonisasi), artifucally harmony, dll. di antara semua teknik gitar itu yang paling terkenal adalah tapping yang di ciptakan Eddie Van Hallen. tapi, dalam bermain melodi yang di pentingkan adalah teknik dasarnya. karena, dengan mengginakan teknik dasar melodi kita dapat memancarkan suasana aliran musik kita.

Gitar Listrik


No comments:

Post a Comment