Sunday, May 9, 2010

gitaris gitaris hebat

BRIAN MAY


Brian May populer lewat bandnya, Queen. Dia jg dikenal sebagai gitaris rock kalem dengan permainan dan sound yg memukau.Bersama Queen menuai sukses sampai sang vokalis, Freddy Mercury meninggal.Saat ini dia memilih bersolo karir.


The Guitar : Red-special guitar ada di balik suksesnya.Gitar merah-hitam ini telah menemaninya selama 3 dekade.Terdapatnya control tone yg terletak berdekatan dengan pick-up smentara tombol volume terpisah jauh.Dan pick-upnya sendiri dikompatibelkan dengan switch on off.

Bersama ayahnya, Harold May, dia merancang dan membuat gitar red special ini pada Agustus 1963.Brian sendiri pernah membukukan teori astrofisikanya.

CHUCK BERRY


Dikenal sebagai godfather-nya rock n’ roll, gitaris kulit hitam paling top dengan aksi panggung eksentrik. 8-to-the-bar, petikan pick ke bawah, double-stops (dua dawai yang dimainkan bersamaan),harmonisasi lead interval ketiga serta permainan solo tone semi-distorsi dalam pentatonic minor.Banyak gitaris rock terinspirasi permainan uniknya bahkan Eric Clapton sendiri turut membenarkan cara permainannya.


The Guitar : Gibson Semi Solid, terutama ES-335 merah.Body kayu maple, neck ramping, dengan model single coil-pickup serta tremolo.

Sampai sekarang seluk beluk kehidupannya hingga dinobatkannya sebagai The Godfather of Rock n’ Roll masih diperdebatkan.Bahkan kasus – kasus yang menimpanya juga tetap menjadi cerita terselubung yang membayangi kesuksesannya.

ERIC CLAPTON



Karirnya berawal sejak bergabung dengan Yardbirds bersama Jimmy Page langsung sukses saat itu.Namun akhirnya bubar.Sering gonta ganti band sampai akhirnya bersolo karir sejak 1973.


The Guitar : Blackie, gitar jenis Fender Stratocaster seharga $950,000 di Nashville adalah gitar termahal dan kesayangannya.Fretboard-nya datar dengan 22 frets.Fingerboard-nya dari lapisan kayu maple,dengan senar single.Bahan dasarnya solid alder,single coil-pickup serta tremolo.

Penghargaan Grammy 1992 diraihnya lewat lagu kisah kematian anaknya akibat jatuh dari lantai 49.

IAN ANTONO


Awalnya ia seorang drummer.Setelah mendengar musik The Shadows, pemilik nama asli Jusuf Antono Djojo ini menjadi gitaris dan bergabung dengan band Abadi Soesman yg saat itu disegani.Akhirnya resmi jadi gitaris God Bless sejak 1974, saat atmosfer musik rock di Indonesia belum ada.Otomatis menjadi pelopor gitaris rock Indonesia.Meski sempat mundur dari God Bless, tahun 1997 ia kembali memperkuat band legendaris ini.


The Guitar : Ian cukup sering memainkan gitar ber-neck ramping dengan 6 string, Gibson Les Paul standar.Pada konsernya, lebih sering memainkan Gibson SG double neck.

Selain masuk dapur rekaman, ia juga sering melibatkan diri membuat lagu-lagu band ternama seperti Slank, GIGI, Cokelat, Sheila On 7, bahkan Audy sekalipun.

EDDIE VAN HALEN


Edward Lodewijk van Halen sukses di blantika musik rock lewat single solo Eruption.Ia terkenal lewat permainan two handed tapping-nya.


The Guitar : Frankenstrat adalah gitar yang selalu menemaninya.Berwarna merah dengan tape hitam-putih.Selain Frankenstrat, Eddie juga merakit gitar versi lain.

Awalnya ia mempelajari piano lalu drum.Diam-diam mempelajari gitar karena tertarik dan merasa cocok, walau akhirnya harus absent pada tahun 2001 hingga 2003 akibar kanker.

JIMI HENDRIX


Seakan ingin tampil beda dari gitaris heroik lainnya, pemilik nama asli James Marshall Hendrix ini pernah membakar dua gitarnya saat konser.Uniknya, gitar tersebut laku dilelang dengan harga menggila sekitar 4-5 milyar rupiah.


The Guitar : Sering memakai Fender Stratocaster.Dilapisi rosewood Brazil utk lapisan fingerboard 21 frets serta tambahan tuners strings kluxon deluxe menjadikan system bridge tremolo arm dalamnya mudah mengatur pitch tone.

Julukan Dewa Gitar melekat padanya.Sejak usia 27 hingga saat ini menjadi pujaan rocker sejati.The Velvetones adalah band pertamanya.Awal agustus di usia 27 adalah konser terakhirnya,tragis,karena overdosis.

JIMMY PAGE



Gitaris Led Zeppelin ini membuat replica gitar elektrik yang terus dipakainya.Diberi nama Gibson (salah satu jenis gitar) yg diproduksi terbatas.25 unit gitar Gibson model EDS-1275 tahun 1971 sengaja dibuat seperti gitar bekas.Tapi mampu dijual mulai harga $10,000 - $33,000.


The Guitar : Memakai gitar elektrik dengan double-neck, 12 dan 6 string.Bahannya dari kayu alder dan maple untuk neckboard-nya.Gitar lain yg sering dipakainya adalah Gibson Les Paul, Danaeloectro 59 DC dan Fender Telecaster.

Sebelum bergabung di Led Zeppelin, sempat bernaung di Yardbirds.Melejit namanya lewat gaya double hand.

MICHAEL ANGELO BATIO


Ia yang mempopulerkan double-guitar dan pernah dianugerahi Number One Shredder of All Time oleh majalah One Magazine pada 2003 karena kecepatannya bermain gitar dengan kedua tangan kanan dan kiri secara bersamaan.


The Guitar : Jenis gitar yang dipakainya adalah double gitar multi neck yaitu left-handed neck dan right-handed neck yang mirip huruf V dengan tali pengikat di leher bukan di bahu.

KEITH RICHARDS



Karirnya sebagai gitaris rocker dimulai lewat paduan suara.Tumbuh di lingkungan peperangan,membuatnya hidup berandalan.Berawal dari cintanya dengan permainan gitar Chuck Berry, ia pun mulai belajar bermain gitar.


The Guitar : Fender Telecaster adalah yang sering dimainkannya dari sekitar 3000 koleksi gitarnya.Gibson Maestro fuzzbox dimainkan untuk mencapai nada khasnya.Sementara Bigsby hitam Gibson ES-355, menjadi favoritnya sejak 1997.

Karena koleksinya sebanya 3000-an,rocker 64 tahun ini ingin membangun museum gitar.Baru-baru ini ia dikontrak $7 juta untuk penulisan memoar autobiography-nya pada 2010 mendatang.Padahal Eric Clapton hanya dibayar $5 juta.

SLASH


Sepak terjang band-nya Guns N’ Roses selama 20 tahun kerap memakai berbagai macam gitar.Namun Gibson tetap lah favoritnya.


The Guitar : Bahan dasar Gibson Les Paul ini adalah mahoni dengan tone lock dan tune automatic, 22 frets humbucker pick-up,serta dua pengontrol tone dan volume.Ini adalah rancangan terunik Les Paul.

Meski akhirnya ia keluar dari GNR karena tidak sepaham dengan Axl Rose sempat membentuk band sendiri yaitu The Slash’s Snakepit dan terakhir aktif di Velvet Revolver.

1 comment: